Penulis / NIM
VERA MARCELINA MAKALALAG / 921412021
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
SITI PRATIWI HUSAIN, SE, M.Si / 0009038601
Abstrak
ABSTRAK
VERA MARCELINA MAKALALAG 2016. PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2014. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, di Bawah Bimbingan Pak Imran R. Hambali, S.Pd., SE., MSA dan Ibu Siti Pratiwi Husain, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan pertambangan yang listing selama tahun 2010 sampai 2014. Pengukuran manajemen laba didasarkan pada perhitungan akrual terhadap arus kas. Sedangkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan diukur konsistensi pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR-Dk), yang dilihat dari laporan tahunan (annual report) dan/atau laporan keberlanjutan (sustainability report) perusahaan.
Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2014. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas,heterokeditas dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen laba terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (CSR-Dk), dengan koefisien positif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial dijadikan untuk mendapat pengakuan baik/legitimasi sehingga pada saat manajer melakukan manajemen laba, mereka cenderung untuk meningkatkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial tinggi dapat mengurangi perhatian manajer atas usaha manajer untuk mengelola laba.
Kata kunci : Manajemen Laba, Corporate Sosial Responsibility,
Download berkas