Penulis / NIM
YUNITA RAHMAN / 921412169
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NISWATIN, S.Pd,SE,MSA / 0012127702
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE RASULI, S.Pd., SE., MSA / 0007057701
Abstrak
YUNITA RAHMAN, 2016, Skripsi. Mengungkap Pemahaman Pedagang Ikan tentang Nilai-nilai Etika Bisnis dalam Perspektif Islam: Studi Fenomenologi pada Pedagang Ikan di Pasar Sentral Kota Gorontalo. Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Niswatin, S.Pd., SE., MSA selaku pembimbing I dan Bpk La Ode Rasuli, S.Pd., SE., MSA selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pemahaman pedagang ikan tentang nilai-nilai etika bisnis dalam perspektif Islam. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti adalah instrumen penelitian yang terlibat langsung dalam penelitian. Penelitian ini berfokus pada pedagang ikan yang beragama Islam yang berjualan di pasar sentral Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di pasar sentral Kota Gorontalo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah fenomenologi dengan unit analisis: kesadaran, noema dan noesis, intuisi dan intersubjektivitas.
Hasil penelitian menemukan bahwa pedagang ikan memahami nilai-nilai etika bisnis dalam perspektif Islam, yaitu: (1) melayani dengan baik, (2) berjual dengan jujur, dan (3) tidak membeda-bedakan pembeli. Nilai-nilai ini merupakan refleksi dari nilai Ihsan (berbuat baik) yang merupakan tujuan dari pedagang ikan.
Kata kunci: etika bisnis Islam dan pedagang ikan
Download berkas