Penulis / NIM
FATMAWATY SUKRI TANAIYO / 921413090
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIO MONOARFA, SE.Ak, M.Si,CA / 0008107405
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HARUN BLONGKOD, S.Pd,.MSA / 0023127303
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawaty S. Tanaiyo. 921 413 090. 2019. Analisis Penentuan Harga Penjualan Produk Tahu Dalam Peningkatan Laba Usaha Pada Pabrik Tahu Remaja Karya Di Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Dr. Rio Monoarfga, SE.,AK.,M.Si dan Harun Blongkod, S.Pd., MSA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga Penjualan produk tahu dalam upaya Peningkatan laba usaha pada Pabrik Tahu Remaja Karya Di Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara kepada pemiliak pabrik tahu. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada pabrik tahu tidak berlaku penentuan harga jual Market based Mathod secara murni karena bergantung pada harga normal yang dibedakan hanya pada potongan tahu dan ukuran papan yang digunakan. Adanya metode yang tepat dari penentuan harga pokok produk maka akan mudah dalam penentuan harga jual yang tepat. Dalam penentuan harga jual, yang paling kecil nilai labanya adalah dengan menggunakan cost plus pricing karena didasarkan pada hitungan full costing dan kewajaran dari mark up dan estimasi laba yang diinginkan sementara untuk hasil yang paling tinggi yakni menggunakan market based method karena didasarkan pada keadaan pasar yang mengalami peningkatan dan penurunan biaya. Untuk penentuan harga jual market based method, Pabrik Tahu Remaja Karya Kota Gorontalo cenderung melakukan strategi bukan pada peningkatan harga namun pengurangan ukuran yakni dari per papan menghasilkan 180 potongan menjadi per papan menghasilkan 140 potongan. Sehingga dengan demikian, penentuan harga jual yang dilakukan oleh Pabrik Tahu Remaja Karya Kota Gorontalo akan berdampak pada peningkatan dan penurunan laba sehingga upaya penentuan harga jual sangatlah krusial untuk menghasilkan laba yang sesuai dengan harapan dari manajemen Pabrik Tahu Remaja Karya Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Harga Jual, Pabrik Tahu, Market Based Method
Download berkas