Penulis / NIM
MOHAMAD ADRIANSYAH ISMAIL / 921414011
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
RONALD S BADU, SE., M.Si / 0023108301
Pembimbing 2 / NIDN
HARUN BLONGKOD, S.Pd., MSA / 0023127303
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Adriansyah Ismail. 921414011. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Bank Muamalat KCP Gorontalo - Limboto). Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Ronald S. Badu, SE, M.Si dan Bapak Harun Blongkod, S.Pd, Ak, M.SA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nasabah, keyakinan dan sikap pegawai, harga dan distribusi terhadap minat masyarakat atas bank syariah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada masyarakat yang menjadi nasabah di Bank Muamalat Cabang Limboto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Persepsi nasabah (X1), Keyakinan dan sikap karyawan (X2), dan Harga dalam pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat masyarakat atas bank syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gorontalo-Limboto. Sementara Distribusi (X4) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Minat masyarakat atas bank syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gorontalo-Limboto. Secara simultan Persepsi nasabah (X1), Keyakinan dan sikap karyawan (X2), Harga dalam pelayanan (X3), dan Distribusi (X4)) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat masyarakat atas bank syariah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gorontalo-Limboto. Koefisien determinasi atau angka Adjusted R Square adalah sebesar 0,373 menunjukan bahwa sebesar 37,3% variabilitas Minat masyarakat atas bank syariah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gorontalo-Limboto dapat dijelaskan oleh Persepsi nasabah (X1), Keyakinan dan sikap karyawan (X2), Harga dalam pelayanan (X3), dan Distribusi (X4). Sedangkan sisanya sebesar 62,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain seperti kualitas produk syariah, promosi, kualitas pelayanan, pengetahuan nasabah serta sistem bagi hasil
Kata Kunci: Minat Masyarakat, Persepsi, Keyakinan, sikap, Harga, Distribusi
Download berkas