Penulis / NIM
CANDRAWATY HALID / 921414051
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. GAFFAR, M.Si / 0031126282
Pembimbing 2 / NIDN
SITI PRATIWI HUSAIN, SE, M.Si / 0009038601
Abstrak
ABSTRAK
Candrawaty Halid. 921414051. 2018. Pengaruh Sistem Pengendalian Internal (lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, pemantauan, dan informasi dan kamunikasi) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Gaffar Latjoke M.Si dan Ibu Siti Pratiwi Husain, SE, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, pemantauan, dan informasi dan kamunikasi secara parsial maupun secara simultan terhadap kualitas laporan keuangan pada Kantor Cabang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan menggunakan analisis jalur (path). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 76 karyawan Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan sensus sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel aktivitas pengendalian dan variabel informasi dan akuntansi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan tiga variabel lainnya (lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, dan pemantauan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.
Sementara itu, secara simultan seluruh variabel bebas (lingkungan pengendalian, penaksiran resiko, aktivitas pengendalian, pemantauan, dan informasi dan komunikasi) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Lingkungan Pengendalian, Penaksiran Resiko, Aktivitas Pengendalian, Pemantauan, Informasi dan Komunikasi, dan Kualitas Laporan Keuangan.
Download berkas