Penulis / NIM
PUJI LESTARI / 921414089
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
SAHMIN NOHOLO, SE, MM / 0017066704
Pembimbing 2 / NIDN
RONALD S BADU, SE., M.Si / 0023108301
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi non muslim menjadi nasabah di Bank Muamalat cabang Gorontalo. Pen elitian ini berfokus pada non muslim yang menabung di Bank Muamalat. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu nasabah non muslim yang menjadi informan kunci. Metode dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi non muslim menjadi nasabah di Bank Muamalat adalah faktor Fasilitas, faktor reputasi pelayanan, faktor ekonomis, dan faktor agama. Berdasarkan keempat faktor tersebut yang paling mempengaruhi non muslim menjadi nasabah di Bank Muamalat adalah faktor ekonomis.
Kata kunci: Bank Syariah, Nasabah Non Muslim
ABSTRACK
Puji Lestari. 921414089. 2018. Factor Influencing The Non-Muslim People Become the Customers at Muamalat Bank, Branch of Gorontalo. Skripsi. Banhelor Study Program of Accounting, Department of Accounting, Faculty of Economics, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Sahmin Noholo, SE., MM and thr co-supervisor is Ronald S. Badu, SE., M.Si.
The study is aidmed at investigating factor influencing the Non Muslim people to be the customers at Muamalat Bank, Branch of Gorontalo. It focuses on Non-Muslim people to be the customers of Muamalat Bank. It applies descriptive design with a qualitative approach. Key informants are Non-Muslim Customers of Muamalat Bank. The techniques of data analysis applies interactive analysis consisting of data reduction, data display, and conclusion drawing.
Findings reveal that factors influencing the Non-Muslim people to be the customers at Muamalat Bank, Branch of Gorontalo are the facility, service reputation, economic,religion. Based on the most influencing factor, it is economic.
Keywords : Islamic Bank, Non-Muslim Customers
Download berkas