Penulis / NIM
RIZHA FIRMAWATI MAHARANI / 921416002
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SAHMIN NOHOLO, SE, MM / 0017066704
Pembimbing 2 / NIDN
LUKMAN PAKAYA, S.Pd,. MSA / 0010097103
Abstrak
ABSTRAK
RIZHA F. MAHARANI. 921 416 002. Pengaruh Kecerdasn Emosioal, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Akuntansi. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Sahmin Noholo, SE, MM selaku pembimbing 1 dan Bapak Lukman Pakaya, S.Pd, MSA selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasn Emosioal, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Akuntansi secara parsial maupun secara simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif regresi berganda.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 0,90%. (2) kecerdasan intelektual berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 2,50%. (3) Perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 13,80%. (4) Kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan perilaku belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo dengan nilai determinan sebesar 13,10%. Sedangkan sisanya sebesar 86,90% dapat dijelaskan oleh variabel lain seperti kecerdasan spiritual, intervensi pengampu mata kuliah, kuliah model praktikum, teman sebaya dan lingkungan akademik.
Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Emosional, Intelektual, Perilaku Belajar
Download berkas