Penulis / NIM
MOH. ANDIKA JANUAR MASSA / 921416034
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NISWATIN, S.Pd,SE,MSA / 0012127702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HARUN BLONGKOD, S.Pd,.MSA / 0023127303
Abstrak
abstrak
Massa, Moh Andika Januar. 921 416 034. 2021. "Pengaruh Gender Terhadap Keberhasilan UMKM Dilihat Dari Tingkat Perolehan Laba (Studi Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Kabupaten Bone Bolango)". Skripsi, Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu Dr. Niswatin, S.Pd., SE., M.SA dan Pembimbing 2 Bapak Harun Blongkod, S.Pd.Ak., M.SA.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah gender mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan UMKM, serta melihat perbandingan perolehan laba oleh pemilik UMKM yang berjenis kelamin perempuan dan laki - laki. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, Dalam penelitian ini populasi berjumlah 134 UMKM depot air minum isi ulang yang ada di Kabupaten Bone Bolango, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 (Sampel) UMKM, Model Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Logistic Ordinal.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari pengujian regressi Parameter Estimate dapat diketahui bahwa Gender (X) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan UMKM (Y) karena nilai sig. Akan tetapi pemilik UMKM yang berjenis kelamin perempuan dapat memperoleh laba yang lebih tinggi dari pada pemilik UMKM yang berjenis kelamin laki-laki, Hal ini dapat diketahui melalui perbandingan rata-rata perolehan laba antara pemilik UMKM yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, dimana pemilik UMKM yang berjenis kelamin perempuan mampu mendapatkan perolehan laba dengan rata-rata Rp. 3.046.200,00 sementara untuk 15 pemilik UMKM yang berjenis kelamin laki-laki hanya mendapatkan rata-rata perolehan yang berjumlah Rp. 2.439.067,00. Dengan kata lain bahwa kesuksesan sebuah usaha tidak dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin tetapi mungkin dengan ketekunan dalam berusaha ataupun dengan pola pikir mengenai strategi-strategi penjualan baik promosi atau sebagainya yang mungkin berpotensi meningkatkan jumlah pembeli atau pelanggan sehingga perolehan laba yang didapatkan bisa menjadi lebih tinggi dari sebelumnya sehingga dapat membuat usaha tersebut semakin berkembang dan semakin sukses.
Kata kunci : Gender, Keberhasilan UMKM.
Download berkas