Penulis / NIM
MEYLAN DAMAR / 921416063
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RIO MONOARFA, SE.Ak, M.Si,CA / 0008107405
Pembimbing 2 / NIDN
AMIR LUKUM, S.Pd,. MSA / 0001058402
Abstrak
ABSTRAKK
Meylan Damar. 921 416 063. Skripsi. Analisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018) Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Rio Monoarfa, SE.Ak,M.Si,CA selaku pembimbing I dan Bapak Amir Lukum, S.Pd, MSA selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui (1) pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap agresivitas pajak pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek Indonesia, (2) pengaruh profitabilitas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek Indonesia dan (3) pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan profitabilitas secara simultan yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari perusahaan subsektor makanan dan minuman. Populasi penelitian adalah 18 perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek Indonesia. Sampel yang diuji dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan dengan total sampel 30 dengan metode pengambilan sampel yang digunakan metode purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi berupa laporan keuangan yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan E-Views.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak, terbukti nilai koefisien regresi variabel corporate social responsibility (CSR) diperoleh sebesar -1.678836, (2) profitabilitas negatif signifikan terhadap agresivitas pajak, terbukti nilai koefesien regresi variabel profitabilitas diperoleh sebesar -0,024294 dan (3) corporate social responsibility (CSR) dan profitabilitas secara simultan berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak, berdasarkan hasil uji-F, diperoleh nilai F-hitung (F-statistic) sebesar 9,653462 dengan nilai probability 0,000687 atau lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, pada tingkat kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa corporate social responsibility (CSR), profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap agresivitas pajak.
Kata kunci: Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas.
Download berkas