Penulis / NIM
MIANTI D. DUKALANG / 921416118
Program Studi
S1 - AKUNTANSI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SAHMIN NOHOLO, SE, MM / 0017066704
Pembimbing 2 / NIDN
AYU RAKHMA WURYANDINI, SE., MSA / 0917028204
Abstrak
ABSTRAK
Mianti D. Dukalang. 921 416 118. 2020. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Lingkungan Akademik terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Niswatin, S.Pd., MSA selaku pembimbing 1 dan Bapak Ronald S. Badu, SE.,M.Si selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan lingkungan akademik terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo secara parsial maupun simultan. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 179 orang kemudian dengan rumus slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 65 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan yakni analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pendidikan karakter tidak berpengaruh terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (2) Lingkungan akademik berpengaruh positif terhadap Kecerdasan emosional mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (3) Pendidikan karakter dan lingkungan akademik secara bersama-sama berpengaruh terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Adapun besar pengaruhnya yakni 35,50% sementara sisanya sebesar 64,50% dipengaruhi variabel lain yakni sikap dan bawaan diri, lingkungan keluarga, spiritual mahasiswa dan motivasi atas sikap dan keberhasilan orang lain.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Lingkungan Akademik, Kecerdasan Emosional
Download berkas