Penulis / NIM
						MARGARETHA  LABADJO / 921418144
						Program Studi
						S1 - AKUNTANSI
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr. RIO MONOARFA, SE.Ak, M.Si,CA / 0008107405
						Pembimbing 2 / NIDN
						SITI PRATIWI HUSAIN, SE, M.Si / 0009038601
						Abstrak
						ABSTRAK
Margaretha Labadjo. 921418144. 2022. Analisis Penerapan Metode Target Costing Dalam Penentuan Harga Jual Produk (Studi Pada Percetakan Azzahra di Desa Bulila Kecamatan Telaga). Skripsi Program Studi S1 Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Rio Monoarfa, SE., Ak, M.Si, CA selaku pembimbing I dan Ibu Siti Pratiwi Husain, SE, M.Si selaku pembimbing II. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga jual yang ditetapkan berdasarkan metode target costing dibanding dengan harga jual yang ditetapkan oleh Percetakan Azzahra. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari hasil observasi proses produksi dan hasil wawancara dengan pemilik Percetakan Azzahra. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yaitu memperoleh data-data perusahaan mengenai biaya-biaya produksi serta data-data pendukung lainnya dan menganalisis serta melaksanakan tahapan dalam penerapan target costing dan juga melakukan perbandingan harga jual antara yang digunakan perusahaan dengan harga jual yang menggunakan metode target costing.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penetapan harga jual menggunakan metode target costing lebih baik dibandingkan penetapan harga jual tanpa menerapkan target costing berdasarkan hasil analisis biaya produksi yang ada sebelumnya yang dikeluarkan Percetakan Azzahra untuk buku yasin sebelumnya Rp. 26.550 dapat ditekan hingga menjadi Rp. 23.381 dengan harga jual 28.000, untuk undangan sebelumnya total biaya produksi sebesar Rp. 13.908 dapat ditekan menjadi 11.240 dengan harga jual menjadi 13.500, untuk prasasti nisan Rp. 196.471 berubah menjadi Rp. 137.043 dengan harga jual yang berubah menjadi Rp. 165.000, dan untuk stempel flash sebesar Rp. 54.229 ditekan menjadi Rp. 38.121 dengan perubahan harga jual menjadi Rp. 45.000
Kata Kunci: Harga Jual, Target Costing, Percetakan Azzahra
						Download berkas