Dr. H. WALIDUN HUSAIN, M.Si / 0003085505
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
ABSTRAKAmrin Ali, Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Camat Tapa, Skripsi, Program Studi S-1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2013, Dibawah Bimbingan Dr Walidun Husain Msi, Selaku Pembimbing I dan D.rs Rusli Isa M.Si Selaku pembibing II.Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah yaitu apakah Kinerja pegawai Berpengaruh Pada Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Tapa Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pegawai berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Tapa.Metode Penelitian ini adalah metode kuantitaf. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan regresi sederhana yaitu mengidentifikasi Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini yaitu variabel x Kinerja Pegawai merupakan variabl dependen (bebas) dan variabel Kualitas Pelayanan merupakan variabel variabel independen (terikat). Sumber data yang digunakan dalam penelitian merupakan data Interval.Berdasarkan data deskriftif penilain Kinerja Pegawai ini memiliki pengaruh signivikan terhadap Kualitas Pelayana, hasil dari regrersi Kinerja pegawai memiliki nilai 0.601 maka kualitas pelayanan, akan meningkat sebesar 0,601, ini dilihat dari nilai koefisien regresi Y = 9,398 + 0,601`X, yang menujukan bahwa setiap terjadi perubahan satu-satunya pada variabel Kinerja Pegawai (x) maka akan diikuti oleh perusahan rata-rata variabel kualitas Pelayanan (Y), yang artinya setiap komponen variabel X akan mempengaruhi setiap komponenvariabel Y. Hal ini dipertegas dengan nilai thitung 3,864 dan ttabel 1,706, dari hasil tersebut malka kriteria pengujian yaitu thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulanya Kinerja Pegawai berpengaruh positif terhadap kualitas Pelayana.Hal ini dapat diperjelas bahwa fariabel Kinerja Pegawai tersebut memiliki tingkat hubungan yang kuat dan positif sebesar 0,627 terhadap Kualitas Pelayan, sedangkan besarnya pengaruh variabel Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan ditujukan oleh nilai determinasi ganda (R2) sebesar 0,394.Sedangkan sisanya sebesar 60,6 % dipengaruhi oleh variabel lain seperti kedisiplinan, kepemimpinan, kompensasi, Motivasi, dan Lain-lain. Yang tidak terdapat pada model. Hal ini dapat menujukan bahwa Kinerja pegawai berpengaruh sanagt kuat terhadap Kualitas Pelayanan. Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan