Penulis / NIM
SITI MELYSA ZURAIDA WANTU / 931409049
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Siti Melysa Zuraida Wantu. Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. ”Pengaruh Karakteristik Jasa, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Kartu Telkomsel di Gorontalo”. Pembimbing I: Tineke Wolok, ST, MM. Pembimbing II: Idris Yanto Niode, S.pd,. MM.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik jasa, harga, dan promosi yang diterapkan oleh PT. Telkomsel untuk memenuhi kapuasan semua pelanggan yang menggunakan kartu telkomsel. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Berganda. Dan berdasarkan indikator penelitian yang mengambil teori oleh Kotler (2000) mengemukakan indikator karakteristik jasa yaitu intangibility, inseparability, variability, dan parishability. Dan indikator harga meliputi daftar harga, diskon, dan priode pembayaran. Mursid (2003) mengumukakan indikator promosi yaitu periklanan, promosi penjualan (sales promotion), penjualan personalia (personal selling), dan publisitas. Sedangkan indikator kepuasan pelanggan yang mengambil teori oleh Lupiyoadi (2001) yaitu berkata positif dengan produk, merekomendasikan perusahaan kepada orang lain, setia kepada produk, dan membayar produk dengan harga premium. Dan hasil dari analisis regresi berganda adalah :
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh karakteristik jasa, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan hal ini dibuktikan oleh pengujian variabel karakteristik jasa terhadap kepuasan pelanggan: (t-hitung =6,313) sedangkan nilai (t-tabel =1,985). Variabel harga terhadap kepuasan pelanggan: (t-hitung = 2,674), sedangkan nilai (t-tabel = 1,985). Dan variabel promosi terhadap kepuasan pelanggan: (t-hitung =2,103. Sedangkan nilai (t-tabel =1,985).
Kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja harapan. Jika kenerja lebih baik dari pada dari pada harapan, maka itulah yang dinamakan kepuasan. Sebaliknya jika kinerja lebih buruk dari pada harapan, maka akan menimbulkan kesenjangan.
Kata Kunci : Karakteristik jasa, harga (price), promosi (promotion),
dan kepuasan (satisfaction)
Download berkas