Penulis / NIM
ABDUL MAJID N. TULIE / 931410057
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Majid N. Tuli. NIM 931 410 057. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M.M Dunda Limboto.Skripsi.Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Dibawah bimbingan Bapak Rizan Machmud, S.Kom., M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Andi Juanna, S.Pd., M.Sc selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M.M Dunda Limboto.Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik.Pemilihan responden melibatkan pasien yang rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M.M Dunda Limboto yang diketahui sebanyak 71pasien.
Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi yakni ...=2.587+0.279, yang menjelaskan bahwa setiap kenaikan 1 satuan penerapan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M.M Dunda Limboto, maka akan diikuti kenaikan 0.279 satuan untuk kepuasan pasien rawat inap. Disamping itu nilai R2 sebesar 0,735menjelaskan bahwa sebesar 73,5%dari kualitas pelayanan yang dijalankan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M.M Dunda Limbotoakanmempengaruhi kepuasan pasien. Adapun sisanya sebesar 26,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti citra Rumah Sakit, tingkat pendidikan tenaga medis, lokasi Rumah Sakit, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Download berkas