Penulis / NIM
TRYSAWAL PANTOIYO / 931410120
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
Try Sawal Pantoiyo, 2014. Pengaruh Biaya Periklanan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT Sinar Galesong Pratama Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Idris Yanto Nieode, S.Pd.,M,Si.
Tujuan penelitian ini adalah (1). untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh biaya periklanan terhadap volume penjualan pada PT. SINAR GALESONG PRATAMA GORONTALO, (2) untuk mengetahui besaran pengaruh biaya iklan terhadap volume penjualan pada PT. SINAR GALESONG PRATAMA GORONTALO. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data biaya biaya periklanan serta volume penjualan selama tahun 2008 sampai dengan 2013.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, serta analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan (1) Uji signifakansi pengaruh secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel biaya periklanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji t dimana nilai signifikansi (0,002) kurang dari (0,05). (2) Koefisien determinasi (adjusted R-squre) adalah sebesar 0.927 atau 92,7%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (biaya periklanan) dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap volume penjualan sebesar 92,7 %. Sedangkan sisanya sekitar 7,3 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Biaya Periklanan dan Volume Penjualan
Download berkas