Penulis / NIM
ARFAN N. A. SANRE / 931410123
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
ENDI RAHMAN, SE, MM / 0013068006
Abstrak
Arfan N. A. Sanre, 2016. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivtas Kerja Pegawai Di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M.Pd. Pembimbing II Endi Rahman, SE., MM.
Penelitian ini mengkaji program pendidikan dan pelatihan (diklat) sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis mengenai dugaan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja pegawai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan desain/ paradigma sederhana di mana pendidikan dan pelatihan sebagai variabel X dan produktivitas kerja sebagai variabel Y. Sampel penelitian berjumlah 32 orang pegawai. Pengujian normalitas data menggunakan uji Lilliefors diperoleh nilai L_0 = 0,078 < L_tabel = 0,157, data hasil penelitian ini menunjukan galat regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji signifikansi diperoleh F_hitung= 9,40 > F_tabel = 4,17, yang berarti persamaan regresinya adalah signifikan, selanjutnya uji linieritas diperoleh F_hitung = 0,586 < F_tabel = 2,38, berarti persamaan regresinya berpola linier. Bentuk hubungan dari kedua variabel tersebut digambarkan oleh persamaan regresi (Y ) = 19,977+ 0,479X dengan kontribusi sebesar 23,9%. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung 3,07 > t_(tabel ) 1,70 yang berarti bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.
Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Produktivitas Kerja.
Download berkas