Penulis / NIM
MELLINDA ASTUTY ISHAK / 931410124
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Mellinda Astuty Ishak. NIM. 931 410 124. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Camat Tapa Kabupatan Bone Bolango. Dibawah bimbingan Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si dan Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh budaya organisasi terhadap prestasi kerja pegawai di Kantor Camat Tapa Kabupatan Bone Bolango?. Peniltian ini bertujuan untuk mengetahui sebesara besar pengaruh pengaruh budaya organisasi terhadap prestasi kerja pegawai di Kantor Camat Tapa Kabupatan Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian adalah variabel independen (Budaya Organisasi) dengan indikator, yakni; Inovasi dan Pengambilan Resiko, Perhatian pada Detail, Orientasi hasil, Orientasi manusia, Orientasi tim, Agresivitas, dan Stabilitas, sedangkan variabel dependen (Prestasi Kerja) dengan indikator, yakni; Kesetiaan, Tanggungjawab, Ketaatan, Kejujuran, Kerjsama, dan Kualitas dan kuantitas.
Hasil Penilitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh dari budaya organisasi terhadap prestasi kerja pegawai di Kantor Camat Tapa Kabupatan Bone Bolango adlaah sebesar 41% dan sisanya sebesar 59% dipengaruhi oleh variabel lain.Dengan demikian, maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari budaya organisasi terhadap prestasi kerja pegawai. Semakin baik budaya organisasi maka prestasi kerja pegawai akan meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan bagi bagi pegawai, untuk meningkatkan prestasi kerja perlu memperhatikan faktor budaya organisasi melalui tindakan nyata seperti; melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab, mengembangkan nilai-nilai budaya organisasi yang positif di lingkungan kantor, dan mengembangkan perilaku budaya kerja di lingkungan kantor. Bagi pimpinan, untuk meningkatkan prestasi kerja pegawainya perlu menyusun rencana aksi kantor tentang pembinaan dan pengembangan kompetensi pegawai dengan memperhatikan faktor budaya organisasi, karena faktor ini berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kerja pegawai. Peneliti merekomendasikan bagi penelitian selanjutnya sebaiknya memperhatikan variabel lain yang mempengaruhi prestasi kerja pegawai diantaranya prosedur kerja pegawai, kompetensi pegawai, dll.
Kata Kunci: Budaya Organisasi dan Prestasi Kerja
Download berkas