Penulis / NIM
ZULKIPLI CANI / 931410160
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAMLAN AMIR ISA, SE, MM / 0028087507
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifli Cani Nim 931410160, 2016 "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi pada sepeda motor Yamaha di Pt. Hasjrat Abadi Cab. Pohuwato)". prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. selaku pembimbing I Ramlan Amir Isa, SE.,MM dan pembimbing II Andi Juana, S.Pd.,M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk "Untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan pembelian sepeda motor YAMAHA pada PT. Hasjrat Abadi Cab. Pohuwato". Adapun metode yang dilakukan dalam pengambilan sampel penelitian adalah melalui insidental samping yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila di pandang orang yang di temui itu cocok sebagai sumber data, dan jumlah sample adalah 86 orang yang menjadi responden, dengan menggunakan tehnik pengambilan data melalui observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis regresi menyatakan bahwa Variabel kualitas pelayanan di PT. Hasjrat Abadi Pohuwato memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor YAMAHA untuk membeli sepeda motor Yamaha merujuk pada persamaan regresi yang diperoleh dan hasil pengujian uji t. Hasil uji determinasi menjelaskan bahwa kualitas pelayanan di PT. Hasjrat Abadi Cab. Pohuwato memiliki pengaruh sebesar 22,5% terhadap Keputusan pembelian sepeda motor YAMAHA di PT. Hasjrat Abad Cab. Pohuwato. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan masih sangat kecil walaupun antar variabel tersebut memiliki pengaruh.
Adapun saran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1). Agar PT. Hasjrat Abad Cab. Pohuwato serta pihak lainnya yang berkecimpung dalam perusahaan dealer sepeda motor, dapat mempertimbangkan setiap kebijakan dan kegiatan penjualan sepeda motor khusunya dalam hal kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, sehingga kedepannya lebih dapat memberikan dampak nyata bagi konsumen terkait kebutuhan akan pelayanan yang diberikan. 2).Agar penelitian ini dapat berguna sebagai bahan informasi dan referensi baik oleh perusahaan, akademisi, maupun peneliti lainnya yang akan membahas tentang kualitas pelayanan dan keputusan pembelian konsumen. 3). Agar penelitian ini dapat dijadikan acuan/ referensi bagi PT. Hasjrat Abadi Cab Pohuwato dalam mengambil kebijakan mengenai kegiatan pemasaran khusunya dalam hal pemberian pelayanan yang berkualitas kepada konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Download berkas