Penulis / NIM
HERMANTO DARISE / 931410225
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Hermanto Darise. NIM 931410225. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Bunda Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo, 2016. dibawah bimbingan Bapak Rizan Machmud, S.Kom., M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Andi Juanna, S.Pd., M.Sc selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan pasien pada Rumah Sakit Bunda Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan pasien yang rawat inap pada Rumah Sakit Bunda Gorontalo yang diketahui sebanyak 64 pasien.
Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi yakni =2.441+0.278, yang menjelaskan bahwa setiap kenaikan 1 satuan penerapan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Bunda Gorontalo, maka akan diikuti kenaikan 0.278 satuan untuk kepuasan pasien. Disamping itu nilai R2 sebesar 0,758 menjelaskan bahwa sebesar 75,8%% dari kualitas pelayanan yang dijalankan Rumah Sakit Bunda Gorontalo mempengaruhi kepuasan pasien. Adapun sisanya sebesar 24,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti citra Rumah Sakit, tingkat pendidikan tenaga medis, lokasi Rumah Sakit, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Download berkas