Penulis / NIM
AFRIYANTI LAHUSIN / 931411003
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
AFRIYANTI LAHUSIN, NIM. 931 411 003. 2015. "Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo". Skripsi, Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Zulfia K. Abdussamad, SE, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Yulinda L Ismail, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan seberapa besar pengaruh ekuitas merek (X) terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasan Aqua (Y). Populasi yang di jadikan responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebanyak 1835 orang. Kemudian pengambilan sampel menggunakan metode Non Probability Sampling sebanyak 95 orang responden yang pernah melakukan keputusan pembelian produk Air Minum Dalam Kemasan Aqua. Data dalam penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara dengan menggunakan kuisioner. Analisis data di lakukan dengan pengujian analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel ekuitas merek terhadap variabel keputusan pembelian air minum dalam kemasan Aqua. Dengan hasil uji regresi diperoleh persamaan regresi linear yaitu Y =8,602 + 0,856X yang artinya setiap peningkatan ekuitas merek satu satuan maka akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,856. Hasil koefisien determinasi pengaruh sebesar 0,449 yang artinya besaran pengaruh variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Aqua sebesar 44,9%, dan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Seperti Promosi, Distribusi,dan lain-lain.
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian
Download berkas