Penulis / NIM
ANDI IBRAHIM FAIZAL PRATAMA RAHMAN / 931411013
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Andi Ibrahim Faisal Pratama Rahman. 2016. Strategi Keunggulan Bersaing PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur Gorontalo. di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Asna Aneta, M.Si, dan Idris Yanto Niode, S.Pd., M.M. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui analisis SWOT dalam penentuan strategi keunggulan bersaing yang dapat dilakukan PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur Gorontalo dalam memenangkan persaingan. Penelitian ini di PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur Kota Gorontalo. Metode pengambilan sampel adalah metode judgement sampling, yang merupakan salah satu bentuk purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1).Faktor internal dalam menentukan strategi bersaing pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur terdiri dari kekuatan dan kelemahan meliputi : Tata Kelola dan perilaku atau budaya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur yang baik, Iklim Investasi yang positif /baik, Semangat kerja karyawan yang tinggi, Membantu pengusaha maupun pelaku usaha UMKM di Wilayah Kota Gorontalo, dan Lokasi BPR Mega Zanur yang satrategi, Tenaga ahli dibidang perbankan yang terbatas, Kurangnya Sarana pendukung, Kurangnya promosi oleh Pihak BPR Mega Zanur, Teknologi yang terbatas dalam pelayanan; 2). Faktor ekternal dalam menentukan strategi bersaing pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur terdiri dari peluang dan ancaman meliputi : Peluang untuk mewujudkan dukungan atas perkembangan investasi melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, Potensi Masyarakat yang tinggi, potensi masyarakat Kota Gorontalo yang cukup tinggi baik dilihat dari tingkat mobilitas ekonomi dan perdagangan, Pembukaan Kantor cabang atau kantor kas, Total share perbankan yang cukup baik, Kurang pemahaman tentang perbankan BPR, Kesan sulit dan rumit berhubungan dengan bank perkreditan rakyat, Kesan Sosial pada BPR, Kurang dukungan dari masyarakat; 3). Strategi yang dapat digunakan salah satunya untuk menentukan strategi bersaing pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mega Zanur yaitu Rapid growth strategy.
Kata Kunci: Strategi dan Competitive Advantage
Download berkas