Penulis / NIM
FITRA JAYA M. ISA / 931411154
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, M.Si / 0028097104
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK
FITRA JAYA M. ISA. Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Pasar Jajan Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi S1 Manajemen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo, 2015, di bawah bimbingan Ibu Dr. Irawati Igirisa S.pd, M.Si dan Bapak Djoko Lesmana Rasjid S.pd, M.Si masing-masing sebagai pembimbing I dan II.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian di Pasar Jajan Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di Pasar Jajan Kota Gorontalo. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Accindent Sampling dengan jumlah sebanyak96 responden, data yang di gunakan adalah data primer yang di peroleh melalui kuesioner dengan menggunakan suatu instrument yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, analisis regresi sederhana.
Berdasarkan data deskripsi penelitian,Lokasi ini memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hasil dari regresi jikaLokasi memiliki nilai 0, maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 0,653, ini dilihat dari nilai koefisien regresi = 10.705 + 0.569X, yang menunjukan bahwa setiap terjadi perubahan satu-satuan pada variabel Lokasi (X) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Keputusan Pembelian (Y), yang artinya setiap komponen variabel X akan mempengaruhi setiap komponen variabel Y. hal ini dipertegas dengan nilai thitung 8,925 dan ttabel 1,985523, dari hasil tersebut maka kriteria pengujiannya yaitu thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa Lokasi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan pula 1 masalah di lokasi Pasar Jajan Kota Gorontalo yaitu Image, dimana daya tarik dari lokasi Pasar Jajan juga ikut berpengaruh terhadap konsumen yang ingin berkunjung dan membeli dagangan di pasar jajan.
Kata kunci: Lokasi, Keputusan Pembelian, Image.
Download berkas