Penulis / NIM
ABDUL HALID MOHAMAD ISMAIL / 931411173
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
VALENTINA MONOARFA, SE., MM / 0010076909
Abstrak
ABSTRAK
Abdul halid M.Ismail. 931 411 173. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Kab. Bone Bolango.Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr.Abd Rahman Pakaya, M.Si dan Ibu Valentina Monoarfa, SE, MM.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Kab. Bone Bolango. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, adapun teknik penarikan sampel adalah accidental sampling dan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil dari regresi kualitas pelayanan memiliki nilai 0,260 dengan kata lain semakin tinggi Kualitas Pelayanan maka dapat meningkatkan tingkat Kepuasan pelanggan. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa t-hitung > dari t-tabel atau 3,385 > 1,668 dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% Jika dibandingkan nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya variable Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan kontribusi pengaruh dengan ditandai R2 sebesar 0,348 atau 34,8%.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
Download berkas