Penulis / NIM
IMRAN HAJU / 931411178
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Imran Hadju. 931 411 178. 2017. pengaruh Ekuitas Merk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha dan Honda (studikasus pada mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo).Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Rafli Hinelo. S.pd., M.si selaku pembimbing 1 dan bapak Idris Yanto Niode.,S.pd., MM selaku pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh ekuitas merk terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha dan honda pada mahasiswa universitas negeri gorontalo. dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Ekuitas Merk Motor Yamaha dan Honda terhadap Keputusan Pembelian. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,576. Nilai ini berarti bahwa sebesar 57,6% Keputusan Pembelian oleh Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dipengaruhi oleh citra dari sebuah merk Motor Yamaha dan Honda. Dari nilai yang dihasilkan dari analisis regresi di atas, maka dapat pula disimpulkan bahwa variabel bebas telah mampu ataupun baik dalam menjelaskan atau memberikan informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel terikat. Adapun pengaruh dari variabel lain terhadap Keputusan Pembelian sebesar 42,4%. Variabel lain dapat berupa variabel bauran pemasaran yakni promosi, produk, lokasi maupun harga. Nilai t-hitung untuk nilai konstanta (untuk melihat dampak pemilihan motor Honda) sebesar 6,014 dan koefisien regresi variabel dummy (untuk melihat dampak pemilihan motor Yamaha) sebesar 8,730 jauh lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansinya juga lebih kecil dari 0,05. Dari nilai t hitung masing-masing dapat diketahui bahwa konsumen atau Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo cenderung lebih menyukai produk motor Yamaha dibandingkan dengan motor Honda.
Kata Kunci: Ekuitas Merk, Keputusan Pembelian
Download berkas