Penulis / NIM
HASNA YUSUF / 931411202
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
Hasna Yusuf. 931 411 202. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Matic Pada PT Nenggapratama Mobilindo Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Tineke Wolok, S.T, M.M selaku pembimbing I dan Ibu Yulinda L. Ismail, S.Pd, M.Si selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Mobil Matik pada Konsumen PT Nenggapratama Mobilindo Gorontalo. Pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Kualitas produk mobil matik pada PT Neggaparatama Mobilindo Gorontalo terhadap peningkatan preferensi pembelian atau dianalogikan sebagai Keputusan pembelian konsumen konsumen. Kemudian nilai R tersebut apabila dikuadratkan maka akan didapatkan nilai R Square atau disebut dengan koefisien determinasi. Hasil koefisien determinasi pada tabel di atas menunjukkan besarnya koefisien determinasi atau angka R Square (R Kuadrat) adalah sebesar 0,552. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 55,2% variabilitas Keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh Kualitas produk mobil matik PT Neggaparatama Mobilindo Gorontalo, sedangkan sisanya sebesar 44,8% (100%-55,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh yang diberikan oleh variabel kualitas produk mobil matik cukup besar karena telah melebihi angka 50%, sementara itu sisanya tersebut disinyalir dipengaruhi oleh faktor 3P lainnya seperti faktor lokasi, faktor harga dan dan faktor promosi
Kata Kunci: Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Download berkas