Penulis / NIM
MUNAWIR NURDIN / 931411211
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
RAMLAN AMIR ISA, SE, MM / 0028087507
Abstrak
ABSTRAK
Munawir. Nurdin. NIM 931 411 211. Pengaruh starategi diferensiasi terhadap kepuasan konsumen pada CV. Aneka teknik Mandiri Cabang Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan ibu Dr. Hapsawaty Taan, ST.MM selaku pembimbing I dan Bapak Ramlan Amir Isa, SE.MM selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi terhadap kepuasan konsumen pada CV. Aneka Teknik Mandiri Cabang Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada responden dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden pembeli dan konsumen yang telah menggunakan jasa CV. Aneka Teknik Mandiri Cabang Kota Gorontalo sebanyak 97 orang.
Hasil penelitian memperoleh persamaan regresi yakni = 6,724+0,906, yang menjelaskan bahwa jika variabel strategi diferensiasi mengalami kenaikan/ penurunan 1 point/satuan, seperti banyaknya varian barang yang dijual, serta adanya kemudahan service di CV. Aneka Teknik Mandiri Gorontalo, maka akan berdampak pada kenaikan nilai kepuasan konsumen di CV. Aneka Teknik Mandiri Gorontalo sebesar 0,906 poin. Disamping itu nilai R2 sebesar sebesar 0,724 menjelaskan bahwa 72,4% dari variabel bebas di CV. Aneka Teknik Mandiri Gorontalo memiliki kontribusi untuk mempengaruhi kepuasan konsumen. Adapun sisanya sebesar 27,6% dari kepuasan konsumen di CV. Aneka Teknik Mandiri Gorontalo memungkinkan untuk dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diuji seperti keunggulan bersaing, fokus biaya, faktor internal, maupun faktor eksternal perusahaan.
Kata Kunci: strategi diferensiasi, Kepuasan konsumen
Download berkas