Penulis / NIM
FEBRIYANTI Y. TAGOI / 931412041
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK
Febriyanti Y.Tagoi. Nim 931 412 041"Pengaruh Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo".Program Studi S1 Manajemen,Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Gorontalo,Dibawah Bimbingan Ibu Tineke Wolok, ST.,M.M Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo .Penelitian ini dilaksanakan pada konsumen pengguna sepatu Nike dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi sederhana .Responden berjumlah 881 orang dan yang menjadi sampel 100 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Merek (Brand) memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hasil dari regresi Merek memiliki nilai 0, maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 1.194, ini dilihat dari nilai koefisien regresi = 19.463 + 1.204X, yang menunjukan bahwa setiap terjadi perubahan satu-satuan pada variabel Merek (X) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Keputusan Pembelian (Y), yang artinya setiap komponen variabel X akan mempengaruhi setiap komponen variabel Y. hal ini dipertegas dengan nilai thitung 9.992 dan ttabel 1.66055, dari hasil tersebut maka kriteria pengujiannya yaitu thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa Merek (Brand) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. R square atau koefisien determinasi R2 menunjukan besarnya kontribusi 0.505 atau 50,5% variabilitas mengenai Keputusan Pembelian sepatu merek Nike dapat diterangkan oleh variabel bebas dalam model Merek (Brand), sedangkan sisanya sebesar 0,495 atau 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, Model, harga dan lain-lain yang tidak terdapat pada model.
Kata Kunci: Merek (Brand), Keputusan Pembelian
Download berkas