Penulis / NIM
WAHYUDIN ZALFIKAR TILOME / 931412070
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Industri kuliner di Indonesia khususnya kota Gorontalo semakin berkembang. Dengan banyaknya pesaing, Rm li mami menggunakan word of mouth sebagai salah satu media promosi. Penelitian ini bermaksud membahas bagaimana pengaruh word of mouth dan tempat terhadap keputusan pembelian pada rumah makan tersebut tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang didapatkan melalui kuesioner dan menggunakan responden sebanyak 96 orang. Kemudian data yang didapat diolah dengan metode regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS 16.
Dari perhitungan uji T di dapatkan hasil T-hitung dari variabel Word Of Mouth sebesar 15.688 lebih besar dari T-tabel (1,660) namun untuk variabel Tempat mendapatkan hasil -6.315 lebih kecil dibandingkan dengan t-tabel (1,660) sehingga dapat disimpulkan fariabel tempat tidak memiliki pengaruh. Menurut survei yang di dapatkan di lapangan, tempat parkir rm li mami tidak layak dan suasana di dalam rumah makan semraut namun para konsumen tetap memlilih makan di rumah makan li mami tersebut. Sedangkan pada hasil uji simultan (uji-
F) didapatkan hasil F hitung 134.021 lebih besar dari F tabel 3,09 yang berarti word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dapat disimpulkan bahwa word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan li mami. Perusahaan disarankan meningkatkan kualitas tempat usaha sehingga menghasilkan word of mouth yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Word of Mouth,Tempat, Keputusan Pembelian
Download berkas