Penulis / NIM
SUMARNI ABD. FATTAH / 931412085
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK
Sumarni Abd Fattah. Nim 931412085. "Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faninda Jaya Meubel Kota Gorontalo". Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Bimbingan Bapak Supardi Nani, SE, M.Si Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faninda Jaya Meubel Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada konsumen pengguna produk dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan regresi sederhana. Responden berjumlah 465 orang dan yang menjadi sampel 83 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini terlihat dari hasil regresi yang menjelaskan bahwa Inovasi Produk memiliki nilai 0, maka Keputusan Pembelian akan meningkat sebesar 14.398, ini dilihat dari nilai koefisien regresi = 14.398 + 0.446X, yang menunjukan bahwa setiap terjadi perubahan satu-satuan pada variabel Inovasi Produk (X) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Keputusan Pembelian (Y), yang artinya setiap komponen variabel X akan mempengaruhi setiap komponen variabel Y. hal ini dipertegas dengan nilai thitung 8,576 dan ttabel 1,6639,dari hasil tersebut maka kriteria pengujiannya yaitu thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya bahwa Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian. R square atau koefisien determinasi R2 menunjukan besar nya kontribusi 0.476 atau 47,6% variabilitas mengenai Keputusan Pembelian ProdukMeubel dapat diterangkan oleh variabel bebas dalam model Inovasi Produk, sedangkan sisanya sebesar 0,524 atau 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, Kualitas pelayanan, harga dan lain-lain yang tidak terdapat pada model.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Keputusan Pembelian
Download berkas