Penulis / NIM
SURYA SAPUTRA TUAHUNS / 931412121
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
SURYA SAPUTRA TUAHUNS, 931412121. 2016. Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan Ponsel Merek Samsung di Platinum Celluler Gorontalo. Skripsi, Gorontalo, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Idris Yanto Niode, S.Pd, MM selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan ponsel merek Samsung di Platinum Cellular Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data sekunder yaitu berupa data harga ponsel Samsung, biaya promosi serta total penjualan ponsel Samsung di Platinum Cellular. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda.
Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi berganda yaitu, Y = 195.870 + 1.575 X1 + 17.880 X2. Hasil uji t menunjukan bahwa untuk variabel Harga (X1) berpengaruh positif secara parsial terhadap peningkatan volume penjualan. Promosi (X2) berpengaruh positif secara parsial terhadap peningkatan volume penjualan. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh positif terhadap peningkatan volume penjualan, dimana Fhitung > Ftabel = 112.271 > 5.79. koefisien determinasinya menunjukkan besarnya kontribusi 0.978 atau 97.8% artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel harga dan promosi terhadap volume penjualan. Sementara sisanya yaitu 0.022 atau 2.2% berupa kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam pnelitian ini.
Kata kunci: Harga, Promosi, Volume Penjualan, Ponsel.
Download berkas