Penulis / NIM
YURNI SULEMAN NTANI / 931412144
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZAINAL ABIDIN UMAR, M.Si / 0008026903
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
YURNI S. NTANI. 931412144. 2016. Analisis Strategi pemasaran pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Zainal Abidin Umar, M.Si dan Ibu Yulinda L. Ismail S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Gorontalo dan langkah-langkah yang dilakukan dalam strategi pemasaran jasa asuransi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman yaitu berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, data-data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan tujuan mendeskripsikannya segala karakteristik penelitian yang disesuaikan dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Kemudian memperbandingkan aplikasi teori dan pelaksanaan dilapangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Gorontalo telah efektif, namun masih ditemui kendala-kendala diantaranya tidak adanya ketepatan waktu dalam pelayanan, serta kurangnnya fasiltas penunjang seperti komputer, printer dan scanner serta AC yang banyak tidak berfungsi. Startegi pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran jasa 7P (Marketing Mix) yaitu strategi produk, harga, distribusi/place, promosi, orang, Bukti fisik, dan proses.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, AJB Bumiputera 1912
Download berkas