Penulis / NIM
ARIEF BUDIMAN NAPITUPULU / 931412152
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
Arief Budiman Napitupulu. 931 412 152. 2019. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Supardi Nani, SE., M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Yulinda L. Ismail,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Pada PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 98 orang konsumen. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif regresi sederhana.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian motor yamaha di PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo. Adapun hasil dari Uji t variabel Sales Promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari t hitung (9,704) > t table (1,985), sedangkan nilai nilai p-value (nilai sig.) sebesar 0,000. Nilai ini jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti berpengaruh signifikan antara variabel Sales Promotion terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi nilai R Square, sebesar 0,495. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 49,50% variabilitas keputusan pembelian motor yamaha di PT. Hasjrat Abadi Divisi Yamaha Cabang Gorontalo dapat dijelaskan oleh sales promotion, sedangkan pengaruh lain sebesar 50,50% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas produk, bauran promosi lainnya,iklan,harga produk, dan lokasi dari dealer.
Kata Kunci: Sales Promotion, Keputusan Pembelian
Download berkas