Penulis / NIM
RASELA JAFAR / 931412154
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
Abstrak
Rasela Jafar. NIM. 931 412 154. Penelitian ini melibatkan 96 orang responden yang merupakan member aktif dan pernah melakukan transaksi jual beli online di Portal Gorontalo khususnya produk makanan, dengan tujuan untuk mengungkap sejauh mana kualitas produk yang dipasarkan secara online dapat berpengaruh pada minat beli konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk yang dipasarkan secara online pada Portal Gorontalo berpengaruh pada minat beli konsumen, serta ada tiga aspek kualitas yang sangat diperhitungkan oleh konsumen yakni daya tahan produk, kesesuaian produk, dan estetika produk. Peneliti juga menyimpulkan bahwa kecenderungan konsumen dalam membeli barang ditentukan oleh minat referensial, atau dengan kata lain dipengaruhi oleh rekomendasi orang lain. Hasil tersebut menjadi acuan bagi pelaku usaha online dalam melakukan pengelolaan kualitas produk dengan menitik beratkan pada aspek daya tahan produk, kesesuaian produk, dan estetika produk.
Selain itu, peneliti juga merekomendasikan kepada pemerintah terkait khususnya dinas perindustrian dan perdagangan agar dapat membuatkan sertifikat khusus atau memberikan rating bagi para pelaku bisnis online. Ini bertujuan agar dapat memunculkan kepercayaan konsumen terhadap pengusaha.
Kata kunci: Kualitas produk, Minat beli, E-commerces
Download berkas