Penulis / NIM
BENI IRAWAN / 931412166
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Beni Irawan. Nim. 931 412 166. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Industri Kecil Menengah (IKM) Meubel Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Prof.Dr.Hj Asna Aneta, M.Si dan bapak Idris Yanto Niode, S.Pd,MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang memenuhi standar sampel yang telah ditentukan menggunakan teknik penarikan sampel yakni probability sampling dengan metode porpotionate stratafield random sampling, dan data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi kuesioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS16. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai koefisien satuan sebesar o,663 atau 66,3%, inovasi produk berpengaruh posotif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai koefisien satuan sebesar 0,813 atau 81,3%. secara simultan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk memili pengaruh positif yang signifikan signifikan yang ditunjukan dengan nilai koefisien satuan r2 sebesar 0,646 atau 64,6%. Ini menunjukan bahwa nilai 64,6% merupakan kontribusi dari orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing IKM mebel di kota Gorontalo, sedangkan sisanya 0,356 atau 35,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan oleh peneliti seperti orientasi pasar, orientasi kerja dan lainya.
Kata kunci: orientasi kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan bersaing
Download berkas