Penulis / NIM
SINTIA PATUE / 931412178
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Sintia Patue (931412178) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si, dan Pembimbing II Robiyati Podungge, S.Pd., MAP.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo merupakan suatu lembaga resmi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang berkualitas dengan disiplin pegawai yang tinggi merupakan persyaratan keberhasilan tujuan instansi pemerintahan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) dan disiplin kerja (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo untuk mendapatkan pelayanan. Besarnya sampel yang diambil adalah 5% dari jumlah populasi, yaitu 78 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis yang dipergunakan yaitu analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai F-test adalah 87,775 > 3,12. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan dan disiplin kerja pegawai secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat dapat diterima. Adapun besarnya koefisien determinasi variabel secara simultan (r2) diperoleh 70,1%, sedangkan sisanya sebesar 29.9% yang merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil Uji T-test membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Sedangkan variabel disiplin kerja menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai signifikan (0,025 < 0,05). Dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan masyarakat, maka Kantor Capil Kota Gorontalo perlu mempertahankan kualitas pelayanan agar kepuasan masyarakat yang dilayani terjaga. Sedangkan disiplin kerja menunjukan pengaruh yang lebih kecil terhadap kepuasan masyarakat, maka untuk masa akan datang Kantor Capil Kota Gorontalo perlu memperhatikan dan meningkatkan disiplin pegawai agar kepuasan masyarakat yang dilayani terjaga.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja, Kepuasan Masyarakat
Download berkas