Penulis / NIM
SITI MARIYAM / 931412235
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
Siti Maryam. NIM 931 412 235. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Nex Pada PT Sinar Galesong Mandiri Cabang Gorontalo . Skripsi. Program Studi Sarjana Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Hapsawati Taan, ST., M.M, selaku Pembimbing I dan Yulinda L Ismail, M.Si selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki Nex pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cabang Gorontalo. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu variabel bebas (independen) yang terdiri dari Product (X1), Price (X2), Promotion (X3), Place (X4) dan variabel terikatnya (dependen) adalah Keputusan Pembelian (Y). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda.
Adapun hasil penelitian menunjukan analisis regresi berganda yaitu, Y = a + 1X1 - 2X2 - 3X3 + 4X4 + e. Y = 15,073 + 1.072 X1 - ,106X2 + 0,352 X3 + 1.261 X4 + 0.5. Hasil uji t menunjukan bahwa untuk variabel bauran produk/ product (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel bauran harga/ price (X2) berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel bauran promosi/ promotion (X3) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel bauran tempat distribusi/ place (X4) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki Nex Cab. Gorontalo, dimana nilai Fhitung > Ftabel=12.755 > 2.47. Koefisien determinasi (R) menunjukkan besarnya kontribusi 0.364 atau 36,4% keputusan pembelian dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari bauran produk, harga, promosi dan distribusi, sedangkan sisanya yaitu 63,6% berupa kontribusi dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian.
Download berkas