Penulis / NIM
MARYAM PAKAYA / 931412238
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Pakaya, NIM. ( 931412238 ). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Motor Yamaha Pada PT.Hasjrat Abadi Gorontalo. Program Studi Sarjana Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I Bapak Hais Dama SE, M.Si dan Pembimbing II Ibu Zulfia K Abdussamad SE, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT.Hasjrat Abadi Gorontalo.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Aksidental, yaitu sampel yang diambil dari siapa saja yang kebetulan ada, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Adapun alat analisis yang digunakan adalah model matematis Regresi Linear Sederhana dengan program SPSS 16,0.
Adapun hasil dari Uji t variabel Promosi Penjualan berpengaruh signifkan terhadap Keputusan Pembelian dilihat dari thitung (5.242) > ttabel (1,669), sedangkan nilai p-value (nilai sig.) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti berpengaruh secara signifikan antara variabel Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0.279 Nilai ini berarti bahwa sebesar 29.7% variabilitas mengenai Keputusan Pembelian dapat diterangkan oleh variable bebas dalam model Promosi Penjualan sedangkan sisanya 70.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Promosi Penjualan dan Keputusan Pembelian.
Download berkas