Penulis / NIM
ROLIYANTO ALI / 931413099
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARDI NANI, SE., M.Si / 0017077601
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
Roliyanto Ali. NIM. 931413099. Strategi Pemasaran Telur Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Tilangobula. Kecamatan Suwawa Timur. Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Supardi Nani, SE, M.Si dan Pembimbing II Yulinda L. Ismail S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi factor-faktor lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi pemasaran telur dan menganalisis strategi pemasaran telur pada Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Tilangobula, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif jika ditinjau dari pendekatan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan analisis SWOT (IFE,EFE,dan Matriks SWOT).
Hasil penelitian diketahui hasil analisis faktor internal peternakan ayam ras petelur di Desa Tilangobula menggunakan IFE diperoleh total skor kekuatan lebih besar daripada total skor kelemahan (x > 0) dengan selisih total skor kekuatan-kelemahan sebesar 0,2788 dan hasil analisis faktor eksternal menggunakan EFE diperoleh total skor Peluang lebih kecil daripada total skor Ancaman (x < 0) dengan selisih total skor Peluang - Ancaman sebesar -0,0647. Sehingga menempatkan peternakan ayam ras petelur di Desa Tilangobula berada pada kuadran IV, Strategi yang dibutuhkan perusahaan pada kuadran IV (pelaku usaha peternak ayam petelur) adalah concentric, horizontal, Conglomerate diversification. Pada kasus ini strategi yang dapat diterapkan adalah Concentric Diversification Strategy strategi ini dapat dilaksanakan dengan cara menambah produk dan jasa yang baru tetapi masih saling berhubungan.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Telur, Analisis SWOT
ABSTRACT
Roliyanto Ali. Student ID 931413099. Marketing Strategi of Egg through SWOT Analysis Approach at Laying HensFarm in Tilangobula Village. Suwawa Timur Sub-district. Bone Bolango District. Skripsi, Bachelor Study Program of Management, Departemen of Managemen, Faculty of Economics, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Supardi Nani, SE, M.Si, and the co-supervisor is Yulinda L. Ismail, S,Pd., M.Si.
The research aimed to identifity the external and internal environmental factors which affected egg marketing and to analyze the marketing strategy of the egg at laying hen farm in Tilangobula Village, Suwawa Timur Sub-district, Bone Bolango District. It was qualitative research that applied descriptive analysis method with SWOT analysis (IFE, EFE, and SWOT Matrikx).
The research finding found that internal factor of at laying hen farm in Tilangobula VIlage applying IFE obtain a higher score of strength than the weakness (x>0) with difference score for 0,2788 while the result of EFE analysis for external factor found that score of opportunity was lower than score of threat (x
Download berkas