Penulis / NIM
FATMAWATY UMAR / 931413102
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
FATMAWATY UMAR, Nim 931 413 102. Pengaruh Keandalan dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT.Honda Nengga Mobilindo Kota Gorontalo, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Raflin Hinelo, S.Pd. M.si dan pembimbing II, Andi Juanna, S.Pd.,M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keandalan dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan di PT.Honda Nengga Mobilindo Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah survey dengan dasar penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Karyawan yang bekerja di PT.Honda Nengga Mobilindo Kota Gorontalo. Jumlah sampel sebanyak 56 orang untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji f uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel keandalan dan variabel bukti fisik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Honda Nengga Mobilindo Gorontalo sebesar 79,9%, sementara sisanya sebesar 21,1% memungkinkan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan secara individual variabel Bukti fisik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Honda Nengga Mobilindo Gorontalo sebesar 79,3%, sementara variabel Keandalan tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Honda Nengga Mobilindo Gorontalo.
Kata Kunci : Keandalan dan bukti fisik, Kepuasan Pelanggan
Download berkas