Penulis / NIM
NUR PUTRIANI HASIRU / 931413105
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
NUR PUTRIANI HASIRU, 931 413 105. 2018. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Konsumen The Body Shop Cabang Kota Gorontalo). Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo 2018, dibawah bimbingan Ibu Tineke Wolok, ST., M.M, selaku Pembimbing I dan bapak Andi Juanna, S.Pd, M.Sc, selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan Merek (X) terhadap Loyalitas Merek (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan dianalisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan konsumen The Body Shop baik member yang sudah menggunakan produk lebih dari 6 bulan maupun yang melakukan pembelanjaan secara berkala hingga mencapai nominal maksimal yang di tentukan, yang diketahui berjumlah 88 orang responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : = 22,164 + 0,428 nilai konstan sebesar 22,164 (Y), nilai variabel kepercayaan merek (X) atau nilai regresinya adalah sebesar 0,428, yang menjelaskan bahwa jika variabel kepercayaan merek pelanggan The Body Shop Gorontalo mengalami kenaikan 1 point/satuan. The Body Shop dipercaya menggunakan bahan-bahan yang alami, maka akan meningkatkan nilai loyalitas merek oleh pelanggan sebesar 0,428 poin. Selanjutnya nilai t-hitung untuk variabel kepercayaan merek sebesar 4,823 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sebelumnya bahwa telah diketahui nilai t tabel sebesar 1,662 yang apabila nilai keduanya dibandingkan maka nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, yang menjelaskan bahwa kepercayaan merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek oleh pelanggan The Body Shop Gorontalo. Hal ini menunjukkan bahwa kesan positif yang dirasakan konsumen karena integritas, kredibilitas dan kehandalan suatu merek akan menciptakan loyalitas merek.
Kata Kunci : Kosmetik , Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek, dan The Body Shop.
Download berkas