Penulis / NIM
WARMAN DAKO / 931413159
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Pembimbing 2 / NIDN
ENDI RAHMAN, SE, MM / 0013068006
Abstrak
Warman Dako 931413159 Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Mitra Home Depo Kota Gorontalo, Program Studi Sarjana Manajemen,Jurusan Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Bapak Idris Yanto Niode S.Pd,PembimbingII Bapak Endi Rahman SE, MM
Tujuan penelitian untuk mengetahui Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Mitra Home Depo Kota Gorontalo,untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Mitra Home Depo Kota Gorontalo,Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental. Sampling Insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel,bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai narasumber.Adapun alat analisis yang digunakan adalah model matematis Regresi Linear Sederhana dengan program SPSS 24. Populasi dalam penelitian ini seluruh Konsumen yang datang berbelanja di Supermarket Bangunan Mitra home depodari bulan Januari 2014 sampai desember 2016,dan sampel yang di ambil berjumlah 100 orang Dari populasi yang di tentukan Berdasarkan rumus slovin.
Hasil dari Uji t variable Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dilihat dari thitung (5,286) > ttabel (1,660), dan nilai signifikan yang di daptkan (Pvalue), maka dapat dilihat bahwa nilai Pvalue (0,000) dari pengujian ini lebih kecil dari 0.05. Dengan tingkat kepercayaan 95%.H0 ditolak Ha Diterima.Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperolehnilai r2 sebesar 0,222 Nilai ini berarti bahwa sebesar 22.2% variabilitas mengenai Kepuasan konsumen dapat diterangkan oleh variable bebas dalam model (Kualitas Pelayanan) sedangkan Lebihnya 77.8%. Kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain seperti lingkungan kerja, motivasi kerja,disiplin kerja,Harga Seperti Yang di Kemukakan Oleh (Alma 2009:169)
Kata Kunci:Kualitas Pelayanan , Kepuasan Konsumen
Warman Dako.931413159.The Influence of Service Qulity Towards Customers' Satisfaction at PT. Mitra Home Depo of Gorontalo City.Bachelor study Program of Management,Faculty of Economics,State University of Gorontalo.The principal Supervisor is Idris Yanto Niode S.Pd, MM,and the co-supervisor is Endi Rahman,SE, MM
The study aims at investigating whether or not service quality influences the customers' satisfaction at Mitra Home Depo of Gorontalo City and investigating in what extent the influence of service quality towards customers' satisfaction at Mitra Home Depo of Gorontalo City.It applies quantitative method.The technique of sampling applies incedental sampling;a technique of sampling in which whoever meet the research accidentally and considered has a requirement to be a sample will be considered as a sample.Method of data analysis is simple linear regression with the assistance of SPSS 24 program.The population is all customers who visit Mitra Home Depo from january 2014 to december 2018 and smples are 100 respondents determined by a slovin formula.
The result of t-test shows that service quality variable has a positive and significant influnce towards customers' satisfaction,tcount (5.286) is higher than ttable (1.660),and significance value (P-value) for 0.000 is lower than 0.05 at the significance level of 95%.Thus, HO is rejected, and HA is accepted.The determination coefficient or R2 is 0.222 which indicates the customers' satisfaction can be explained by service quality varible for 22.2% and the rest 77.8% is influenced other variables such as work environment,motivation,dicipline,amd price which is regarding Alma (2009:169).
Keywords: Service Quality, Customers' Satisfaction
Download berkas