Penulis / NIM
NURAIN ABUDI / 931413176
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Abudi. 931413176. Skripsi " Pengaruh Perilaku Aparatur Terhadap Kepuasan Pelayanan Pasien Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Tilango". Program Studi S1manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Bimbingan dari Bapak Prof.Dr Yulianto Kadji, Msi sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Muchtar Ahmad, S.pd M.si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh perilaku aparatur terhadap kepuasan pelayanan pasien pada Pusat Kesehatan Masyarakat Tilango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi lapangan dan kuisioner yang disebarkan kepada 40 reponden
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perilaku aparatur berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelayanan pasien. Ini menunjukan bahwa indikator perilaku aparatur yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan pelayanan pasien, sehingga akan dapat mendorong kemauan dari pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Sebagaimana dijelaskan oleh hasil koefisien determinasi, dimana nilai R square menunjukan pengaruh perilaku aparatur terhadap kepuasan pelayanan pasien yakni sebesar 0,601 atau 60,1%, sementara sisanya 39,9% atau 0,399 dipengaruhi oleh faktor lain seperti dorongan dan sikap. Artinya bahwa perilaku aparatur memberi konstribusi yang cukup besar untuk mempengaruhi kepuasan pelayanan pasien pada Pusat Kesehatan masyarakat Tilango. Disarankan untuk pihak aparatur yang ada pada Pusat Kesehatan Masyarakat Tilango melakukan pembenahan dan perbaikan perilaku dari masing-masing individu demi meningkatkan kepuasan pelayanan dari pasien.
Kata Kunci: Perilaku Aparatur, Kepuasan Pelayanan Pasien
Download berkas