Penulis / NIM
AKBAR MUZAMMIL MAHANI / 931413178
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, M.Si / 0028097104
Abstrak
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA GORONTALO
Akbar Muzammil mahani1, Abd Rahman Pakaya2, Irawaty Igirisa3.
ABSTRAK
Akbar Muzammil Mahani, Nim 931 413 178. 2017. "Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor". Skripsi, Program Studi Sarjana Manajemen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Abd Rahman Pakaya M.Si dan Pembimbing II Ibu Dr. Irawaty Igirisa, S.Pd M.Si.
Tujuan penelitian bertujuan untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat ditinjau dari aspek mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian dilakukan di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Gorontalo. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidential sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner atau angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Gorontalo mutu pelayanan berada pada level "A" dan kinerja unit pelayanan berada dalam kategori sangat baik. Hal ini di tunjukkan dengan nilai IKM sebesar 3,38 dengan angka konversi sebesar 84,5. Hasil analisis terhadap 9 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap mutu pelayanan yaitu: (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 85 dengan kategori sangat baik. (2) Prosedur pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 85 dengan kategori sangat baik. (3) waktu pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 84,25 dengan kategori sangat baik. (4) biaya/tarif) memiliki nilai IKM sebesar 96,25 dengan kategori sangat baik(5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 80,75 dengan kategori baik (6) kompetensi pelaksanaan memiliki nilai IKM sebesar 80,75 dengan kategori baik (7) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 88 dengan kategori sangat baik (8) maklumat pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 87,25 dengan kategori sangat baik (9) penanganan pengaduan saran dan masukan memiliki nilai IKM sebesar 88,25 dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat.
Download berkas