Penulis / NIM
EVA YULIANA / 931413204
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
RAMLAN AMIR ISA, SE, MM / 0028087507
Abstrak
ABSTRAK
Eva Yuliana, NIM 931413204 "Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menabung PT Bank Rakyat Indonesia Unit Kota Timur" Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2016.adanya kenaikan jumlah nasabah pada tiap tahunnya disebabkan adanya kegiatan pemasaran yang menarik nasabah untuk menabung di Bank BRI unit kota timur. Dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor faktor (yang terdiri dari faktor budaya , Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor psikologis , produk, harga, tempat , promosi, tanggible, empathy, reabillitas, responsivenss, dan assurance yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menabung pada PT Bank Rakyat Indonesia unit kota timur.
Penelitian dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia unit kota timur. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. jumlah variabel yang diteliti adalah 13 variabel. Data yang diolah dengan mengunakan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menabung.Dan hanya 11 variabel yang bisa dianalisis lebih lanjut. Sisanya 2 variabel dikeluarkan karena nilai MSAnya Kurang dari 0,5.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Lokasi 0,842, promosi 0,803 faktor budaya 0,785, empathy 0,726, harga 0,714, tanggible 0,712, responsvenss 0,600, Faktor psikologis 0,826, Produk 0,811, Faktor sosial 0,777, dan Faktor pribadi 0,761mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam menabung pada PT Bank Rakyat Indonesia unit Kota Timur.
Kata kunci : Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor pribadi, Faktor psikologis, Produk, harga, lokasi , promosi, tanggible, empati, reabilitas,dan responsif dan assurance
Download berkas