Penulis / NIM
RAKHMAT BRINIANTO / 931413213
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
YULINDA L ISMAIL, M.Si / 0004077603
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat Brinianto. 931 413 213. 2018. Analisis Penerapan E-Commerce Dalam Menunjang Keputusan Pembelian Konsumen pada CV. Dhianailah Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. Hapsawati Taan. S.T., M.M dan Yulinda L Ismail. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan E-Commerce dalam menunjang keputusan pembelian konsumen pada CV. Dhianailah Gorontalo (2) faktor yang mendukung dan menghambat penerapan E-Commerce dalam menunjang keputusan pembelian konsumen pada CV. Dhianailah Gorontalo. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara kepada informan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif
Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan E-commerce dipergunakan oleh pada CV. Dhianailah Gorontalo untuk terus berusaha untuk mempertahankan kinerja supaya tidak kalah saing dengan website lainnya. Dengan cara menawarkan game berkualitas yang dapat dimainkan secara gratis. Sehingga dengan penerapan E-commerce maka akan meningkatkan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Untuk menjamin adanya kehandalan, kepercayaan, kerahasiaan, validitas dan keamanan, transaksi e-commerce dalam pelaksanannya produsen atau penjual harus berupaya untuk menjaga kepercayaan konsumen dengan berbagai keunggulan yang dapat dimaksimalkan oleh produsen atau penjual yang menggunakan e-commerce. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat penerapan E-Commerce dalam menunjang keputusan pembelian konsumen pada CV. Dhianailah Gorontalo. Untuk faktor pendukung yakni sumber daya manusia yang terdiri dari kemudahan pemasaran, kemampuan karyawan dalam merancang, kemudian faktor perangkat yakni jaringan internet, perangkat lunak dan perangkat keras. sementara hambatan yakni sikap wanprestasi dari pihak penjual ataupun pembeli serta ketidaktahuan dari konsumen akan e-commerce. Untuk meningkatkan faktor pendukung dan mereduksi faktor penghambat dapat dilakukan dengan upaya pemberian pengetahuan, pendidikan dan pelatihan kepada SDM serta inovasi dalam rancangan sistem.
Kata Kunci: E-Commerce, Keputusan Pembelian
Download berkas