Penulis / NIM
JULIANTO BAYUDISTIRA HALID BAGU / 931413214
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Julianto Bayudistira Halid Bagu, Nim: 931413214, PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan Gorontalo. Skripsi, Program Studi Sarjana Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Zulfia K Abdussamad, S.E., M.Si.
Adapun tujuan utama penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil NISSAN pada PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan Gorontalo Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan yang ada di PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan Gorontalo 557 orang. Sampel penelitian yaitu berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode rumus taro yamane (Rakhmat, 1998:82). Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier Sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa H0 ditolakdan Ha diterima, sehingga hipotesis yang di susun terbukti atau diterima bahwa variable Promosi memiliki pengaruh yang siginfikan terhadap Keputusan pembelian konsumen untuk membeli mobil Nissan Datsun di PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan Gorontalo. Nilai R sebesar 0,428 dan nilai R square (R2) sebesar 0,183. Hal tersebut menjelaskan bahwa sebesar 18,3% dari variabel bebas (promosi) mobil Nissan Datsun di PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan Gorontalo, memiliki kontribusi untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Adapun sebesar 81,7% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini seperti Harga, Produk, Kepercayaan, dan lain sebagainya.
Kata Kunci : Promosi dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
Julianto Bayudistira Halid Bagu, Student ID; 931413214, PT. Wahana Wirawan of Gorontalo. Skripsi, Bachelor Study Program of Managent, Faculty of Economics, State University of Gorontalo. The principal sovervisor is Raflin Hinelo, S.Pd., M.Si., and the co-supervisor is Zulfia K Abdussamad, S.E., M.Si.
The study is aimed to know to what extent the influence of Promotion to Consumer Purchase Decision of NISSAN Car at PT Wahana Wirawan Indomobil Nissan of Gorontalo. The research population is all customers at PT. Wahana Wirawan Indomobil Nissan of Gorontalo amounted to 557 people. The samples are 30 respondens the sampling is completed by Taro Yamane formula method ( Rachmat, 1998: 82). The method of data analysis employes simple linear regression.
the findings reveal that Ho is rejected and Ha is accepted, therefore,the hypothesis which stated that the promotion variable khas a significant influence on consumer purchasing decesions on Nissan Datsun Car at PT.Wahana Wirawan Indomobil Nissan of Gorontalo is proven and accepted. R-value is 0.428 and R Square value (R2) is 0,183. It indcates that 18,3% of the independent variables (promotion) has a contribution to influence consumer purchasing decisions. The rest 81,7% is possible to be influenced by other variables wich are not explained in this research such as price, product, trust and so forth.
Keywords: Promotion and Purchasing Decision
Download berkas