Penulis / NIM
NASVIKRAN LUKMAN RIVAI / 931413216
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
AGUS HAKRI BOKINGO, S.Pd., M.Si / 0017088602
Abstrak
ABSTRAK
Nasvikran Lukman Rivai, Nim: 931413216, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Sepeda Motor) Pada Kantor Samsat Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Sarjana Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si, dan Pembimbing II Bapak Agus Hakri Bokingo, S.pd.M.Si.
Desain penelitian ini berupa desain penelitian kuantitatif. populasi adalah seluruh pelanggan (masyarakat pengguna jasa layanan) pada kantor Samsat Kota Gorontalo yang terdiridari 48.339 pelanggan. Jumlah sampel 100 orang Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling.
Metode analisis data menggunakan perhitungan statistic dan program SPSS 16 untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan apakah dapat diterima atau ditolak Berdasarkan kajian teoritik dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat atau wajib pajak kendaraan di SAMSAT Kota Gorontalo. Hasil koefisien regresi menunjukkan bahwa hipotesis penelitian terbukti dan diterima (H0 ditolak dan Ha diterima), dengan kontribusi variabel kualitas pelayanan untuk mempengaruhi kepuasan masyarakat atau wajib pajak sebesar 63,7%, dan sisanya sebesar 36,3% memungkinkan untuk dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Download berkas