Penulis / NIM
RAHMA / 931414007
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
ANDI JUANNA, S.Pd.,M.Sc / 0026118404
Abstrak
ABSTRAK
Rahma, 931 414 007. 2018. Pengaruh faktor sosial dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian motor suzuki di PT. Snar Galesong Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan bapak Andi Juana, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor sosial (X1) dan faktor psikologi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yang dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan di analisis secara statistik. Pemilihan responden melibatkan pelanggan PT. Sinar Galesong Mandiri yang diketahui berjumlah 68 orang pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) secara simultan variabel faktor sosial dan faktor psikologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, berdasarkan penelitian F hitung (18,952) lebih besar dari nilai F tabel (3,14), Maka H0 di tolak dan Ha diterima atau hipotesis yang disusun sebelumnya telah terbukti. (2) secara parsial variabel faktor sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan penelitian t-hitung (1,733) lebih besar dari t tabel ( 1,668). Untuk variabel faktor psikologi diperoleh t-hitung (4,987) lebih besar dari t-tabel (1,668) Maka H0 di tolak dan Ha diterima atau hipotesis yang disusun sebelumnya telah terbukti atau diterima bahwa faktor psikologi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa sebesar 34,9% dari variabel-variabel faktor sosial dan faktor psikologi memiliki kontribusi untuk mempengaruhi keputusan pembelian motor Suzuki di PT. Sinar Galesong Mandiri Gorontalo.
Kata Kunci : konsumen,keputusan pembelian,faktor sosial,faktor psikologi
Download berkas