Penulis / NIM
PURNASARI MERTOSONO / 931414030
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAPSAWATI TAAN, S.T., M.M / 0001027602
Pembimbing 2 / NIDN
ZULFIA K ABDUSSAMAD, S.E., M.Si / 0025097904
Abstrak
ABSTRAK
Purnasari Mertosono, 2018 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa PT JNE Cabang Utama Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hapsawati Taan ST.,M.M dan Ibu Zulfia K. Abdussamad, SE,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa PT JNE Cabang Utama Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen JNE Cabang Utama Gorontalo. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik sampling dalam penelitian ini peneliti menggunakan Accidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti yang dianggap cocok karakteristik sampel, karakteristik sampel ini adalah konsumen yang minimal menggunakan jasa JNE sekali.
Dari analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 23,061+ 0,496 + 0,310 + 5% thitung sebesar 3,651 (x1) 2,301 (x2) sedangkan ttabel 1,985. Dengan demikian uji hipotesis atau t variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan dan hipotesis penelitian dapat dibuktikan atau diterima. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya kontribusi 0.587 atau 58,7% dari variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa JNE Cabang Utama Gorontalo, sementara sisa 0.413 atau 41,3% dipengaruhi oleh variabel (factor-faktor lainnya seperti harga, promosi, dll).
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Keputusan Konsumen
ABSTRACT
Purnasari Mertosono, 2018 The Influence of Service Quality and Trust on Consumer's Decision in Using Service of PT JNE Main Branch of Gorontalo. Skripsi, Bachelor Study Program of Management, Departmentof Management, Faculty of Economics, State University of Gorontalo . The principal supervisor is Dr. Hapsawati Taan ST.,M.M and Co-supervisor is Zulfia K. Abdussamad, SE,M.Si.
The research objective is to know whether or not service quality and trust influence consumer's decision to use service of PT JNE branch of Gorontalo. This is survey research that taking samples from a certain population and functioning questionnaire as primary data collection tool. The study is categorized into quantitative descriptive research. The research population is consumers of JNE Branch of Gorontalo while its samples are 96 of them determined by Accidental Sampling or it is a technique that took samples accidentally when they have appropriate characteristics for one time using the JNE service minimally.
The data analysis gained regression equation of Y = 23,061+ 0,496 + 0,310 + 5% tcount for 3,651 (x1) 2,301 (x2) while ttable for 1,985. Therefore, hypothesis test or t of service quality and trust variables have significant influence as well as it confirmed or accepted the research hypothesis. Additionally, determination coefficient (R2) showed contribution for 0.587 or 58,7% of service quality and trust variables on consumers' decision to use service of JNE Branch of Gorontalo while the other 0.413 or 41,3% is influenced by other variables (price, promotion, etc.).
Keywords: Service Quality, Trust, Consumers' Decision
Download berkas