Penulis / NIM
MUTIARA KESUMA SALILAMA / 931414034
Program Studi
S1 - MANAJEMEN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RIZAN MACHMUD, S.Kom, M.Si / 0016078304
Abstrak
ABSTRAK
Mutiara Kesuma Salilama. 931 414 034. 2019. Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakuktas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Raflin Hinelo, S.Pd.,M.S.i dan Dr. Rizan Machmud, S.Kom.,M.S.i.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan indikator Investement Opportunity Set yang diproksikan dengan Market Value to Book of Asset dan Nilai Perusahaan pada seluruh saham aktif yang termasuk dalam indeks pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 data yang terdiri dari data Times Series sebanyak 5 tahun penelitian (2012 s/d 2016) dan data Cross Section sebanyak 12 Perusahaan. Alat statistik yang digunakan untuk pengujian statistik adalah persamaan linear sederhana.
Hasil persamaan linear sederhana diketahui signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Pada thitung yang didapat dari hasil analisis sebesar 12,503. Sedangkan nilai ttabel sebesar 2,101. Nilai ttabel tersebut didapat dari rumus; a/2 = 0,05/2 = 0,025 dan df = n-2 = 60-2 = 58, dengan nilai 0,025 ; 58 dilihat pada tabel t menghasilkan nilai sebesar 2.001 sebagai ttabel. Berdasarkan nilai-nilai diatas dapat diketahui bahwa thitung = 12,503 > ttabel = 2.001 sehingga disimpulkan bahwa ����¯�¿�½�..."Terdapat pengaruh Investment Opportunity Set (X) terhadap Nilai Perusahaan (Y)Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�ÂÂ. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pertumbuhan perusahaan, maka semakin besar harapan investor akan prospek masa depan sehingga berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai perusahaan.
Kata Kunci: Investement Opportunity Set, Nilai Perusahaan.
Download berkas